1. 2.

19 Mei 2011

Akbid Tri Dharma Husada Mencetak Bidan Yang Handal



BANDUNG - Dalam jaman Modernisasi saat ini semua dituntut harus trampil dan propesional baik di segala hal, baik di bidang umum maupun ke kejuruan yang diantaranya di bidang kesehatan, sebab bidang  kesehatan di tuntut harus trampil dan propessional karena kesehatan ini langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat, saat ini banyak sekolah – sekolah  berdiri di Jawa Barat yang bertujuan  Untuk  mencerdaskan anak bangsa dan mendorong dunia pendidikan khususnya bidang kesehatan, tak terkecuali Akademi Kebidanan Tri Dharma Husada yang terletak di Jl. Raya Gadobangkong-Cimareme Kab Bandung Barat merasa terpanggil untuk menciptakan tenaga-tenaga bidan yang handal dan siap pakai mengingat masih tingginya tenaga SDM yang dibutuhkan di masyarakat. Adapun cara yang dibentuk didalam mencetak mahasiswa yang unggul dan profesional ini, yang dilakukan oleh Akbid Tri Dharma yaitu dengan meyiapkan staf  tenaga pengajar terdiri dari tenaga ahli dan profesional akademisi maupun praktisi, dengan latar belakang pendidikan DIV Kebidanan, S1, S2, S3, dr Spesialis Anak, dr spesialis Obstetri dan Ginekologi. Selain dari pada itu didalam pemberian materi maupun sarana pendidikan juga ditunjang dengan laboratorium Kebidanan, Komputer dan KDPK (Ketrampilan Dasar Praktek Klinik).

Menurut Ketua yayasan Akbid Tri Dharma, Drs Soeharmadi M.Mpd mengatakan semenjak berdirinya Akbid ini tahun 2005 selalu mengkedepankan tingkat sosialisasi yang tinggi dalam memberikan pemahaman-pemahaman baik terhadap masyarakat maupun Tim pengajar dan mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menjalin komunikasi fitback satu sama lain, juga tidak terlepas dengan status Akbid ini, “didalam kedudukannya  tidak akan bergerak tanpa kepastian hukum artinya segala bentuk dan mekanismenya sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedurnya sehingga sekarang ini Akbid Tri Dharma sudah mendapat Aktreditasi  BAN-PT pada bulan juni tahun 2010” jelasnya dikantor didampingi Drs Deni Sukandar selaku bendahara yayasan.

Baik segi management Akbid Tri Dharma mengalami kemajuan dengan  memiliki tenaga pengajar tetap sebanyak 8 orang ditambah dengan pengajar lepas juga membangun kerjasama dengan rumah sakit pemerintah dan swasta dan Puskesmas sebagai mitra didalam mengembangkan ilmu kebidanan sebagai lahan praktek. Dan hingga sekarang  jumlak mahasiswanya sudah mencapai  tingkat-1 ada 40 siswa jalaur umum dan jalur khusus 22 siswa, tingakt-2 ada 35 siswa dan tingkat-3 ada 38 siswa “tutur” Wulan Nurasyriani S. SSt selaku Pudir I bagian Akademik .

Ditambahkan selain ke unggulan dosen pengajar, siswa yang sudah lulus juga diberikan peluang untuk magang di berbagai rumah sakit maupun puskesmas untuk mematangkan jiwa kemandirian seorang bidan yang handal. Maka dari itu Akbid Tri Dharma akan selalu komitmen dengan Visi menjadikan Akbid Tri Dharma Husada sebagai institusi terdepan dan unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan profesional didukung Misi, 1) menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan profesional kebidanan, 2) mengembangkan penelitian dan pengembangan, 3) menghasilkan tenaga penelitian di bidang kebidanan, 4) mengembangkan jasa dan meningkatkan potensi masyarakat dalam bidang  pembangunan kesehatan, 5) mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pengguna baik regional, nasional maupun internasional.

Bahkan dari segi sosialpun dilakukan dengan memberikan pemeriksaan kehamilan terhadap warga, membangun sarana jalan dan dalam waktu dekat ini Akbid akan merencanakan sunatan massal terhadap masyarakat setempat “jelas”  Wulan Nurasyriani di kantornya. Untuk itu di ifomasikan kepada masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat supaya jangan salah pilih,” Mau sekolah AKBID Pilihlah Akbid Tri Dharma “ (idris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Staff Redaksi



Hendrik S (Polda Metro Jaya) Valentinus MS (Jaksel) Gorby, Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :Irawan (Kabiro), Ucup Supriyadi, Rizal Aska, Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : Irmiadi (Ka.Prwkln) Suwardi, Suripto, nano Wijaya, Sutiyo, Suseno, Sujono, Herry, Adhie, Elik Yulianto, Israludin, Rimanda K Saputra. Kab Tanggamus : MBadri Ma'ruf. Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Abdul Munir, M.Syarif Hidayat. Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : fadly Syarif (Ka.Biro)