1. 2.

19 Oktober 2011

Dua Wamenkeu dilimpahi pengawasan APBN

JAKARTA: Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo menitipkan pengawasan pengelolaan APBN kepada dua wakilnya, Anny Ratnawati dan Mahendra Siregar. Keduanya diharapkan bisa saling membantu dan berkerjasama guna mendukung tugas-tugasnya sebagai bendahara umum negara.
 
"Bu Anny dan Pak Mahendra, kami titip supervisi portofolio (APBN). Jadi ditingkat pertama akan menjadi wakil kami sehingga kalau kami berhalangan atau meminta dukungan bisa didukung oleh wakil menteri, tetapi pada saat yang bersamaan mensupervisi portofolio," jelas dia di kantornya hari ini.
 
Menurutnya, rencana penambahan wakil menteri muncul dalam sidang kabinet terbatas dan rapat konsultasi presiden dengan DPR empat bulan yang lalu. Keputusan tersebut diambil dalam rangka meningkatkan kapasitas Kabinet Indonesia Bersatu II dalam mencapai tujuan-tujuan yang dinginkan presiden.
 
"Misalnya Kementerian Pendidikan, dengan portofolio yang besar sampai Rp286 triliun, diyakini jangan sampai pengeluaran tidak mencapai sasaran. Itu semua kajian presiden (dalam menetapkan wakil menteri)," tuturnya.
 
Terkait dengan perubahan dan perluasan cakupan kerja dua kementerian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreativ, Menkeu mengatakan akan ada perubahan nomenklatur anggaran. Artinya, aka nada penyesuaian bujet anggaran di kedua kementerian tersebut, baik di APBNP 2011 maupun RAPBN 2012.
 
"Itu masih perlu kami bicarakan. Kami akan lihat dengan Dirjen Anggaran dan kami laporkan untuk mendapat persetujuan DPR," katanya.
 
Pada kesempatan yang sama, Anny Ratnawati mengatakan dia dan Mahendra Siregar akan bersinergi dalam membantu Menteri Keuangan dalam menghadapi tantangan yang semakin besar ke depannya. Pada prinsipnya, secara organisasi Kemenkeu akan bekerja dengan baik untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas keuangan negara dengan lebih detil.  "Tantangannya makin besar, kami harus bersinergi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Staff Redaksi



Hendrik S (Polda Metro Jaya) Valentinus MS (Jaksel) Gorby, Robin S (Jaktim) Ramdani BE, Agus Subarkah (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :Irawan (Kabiro), Ucup Supriyadi, Rizal Aska, Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : Irmiadi (Ka.Prwkln) Suwardi, Suripto, nano Wijaya, Sutiyo, Suseno, Sujono, Herry, Adhie, Elik Yulianto, Israludin, Rimanda K Saputra. Kab Tanggamus : MBadri Ma'ruf. Prwkln Jambi : Sabarudin Nasution SE (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar : Abdul Munir, M.Syarif Hidayat. Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan. Biro Sulselbar : fadly Syarif (Ka.Biro)